Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

5 Kegiatan Yang Dialami Anak Kuliahan, Maba Wajib Tahu Ini!

  03 Ags 2018 16:19:27 WIB

Tahukah kamu, menurut sumber yang bisa dipertanyakan kevalidannya, semua anak kos di Indonesia ternyata tidak memiliki rumah di kota tempatnya menempuh pendidikan. Itulah sebabnya mereka ngekos. Masih dari sumber yang sama, sebagian dari anak kos tersebut adalah mahasiswa, tidak peduli apakah dia calon mahasiswa, mahasiswa tua maupun mahasiswa abadi.

1.  Organisasi

Kegiatan resmi yang bias dilakukan mahasiswa adalah berorganisasi. Setiap kampus pada umumnya memiliki organisasi resmi yang dapat kita pilih, misalnya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HM (Himpunan Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) selain itu ada bermacam-macam organisasi lainnya didalam maupun diluar kampus. Manfaatnya apa? Selain untuk belajar berorganisasi, kita juga dapat memperluas jaringan pertemanan untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat serta partisipasi aktif, karena bisa saja, teman satu organisasimu adalah mereka yang akan membantumu kelak di masa depan.

2.  Begadang

Kegiatan yang biasanya dilakukan anak kuliahan, apalagi menjelang ujian biasanya para mahasiswa akan melakukan Belajar semalaman suntuk atau dikenal dengan istilah Sistem Kebut Semalam (SKS), tapi cara seperti ini jangan ditiru yaa karena hanya akan membuatmu Lelah dan hanya beberapa persen materi yang akan menempel di ingatanmu. Selain itu mahasiswa biasanya begadang saat kepepet deadline tugas besar / praktikum, tugas akhir maupun skripsi. Terkadang begadang menjadi ritual wajib dilakukan bahkan jika tidak ada tugas apapun.

3.  Jalan-jalan

Seorang mahasiswa terutama yang merantau, pastilah menyempatkan diri untuk berjalan-jalan mengunjungi tempat-tempat menarik di kota tempatnya menempuh pendidikan. Tidak peduli apakah itu tempat makan, pantai, gunung, mal atau rumah mantan, jalan-jalan menjadi kebutuhan wajib untuk sekadar melepas penat dan me-recharge diri.

4.  Nongkrong

“Ayo ngopi bro!”, ujar seseorang pada temannya. “Jangan pulang kos dlu, nongki-nongki dulu lah kita”, tambahnya lagi. Percakapan seperti ini kerap terjadi di masa-masa kuliah. Nongkrong bareng teman-teman menjadi satu cara bersosialisasi yang asyik dan terkadang tidak menguras kantong (tergantung sikon juga sih). Jika dilakukan dengan benar, banyak ide-ide gila nan menarik yang dapat terjadi ketika nongkrong bareng temanmu. Siapa yang tahu, jika dari salah satu sesi nongkrongmu melahirkan start-up berkualitas.-

5.  Pengusaha dadakan

Nah, kegiatan yang ini juga sering ditemukan di berbagai kampus di Indonesia. Mulai dari jualan makanan, sampai ada yang jualan baju di kreditin untuk teman-teman kampus maupun kosnya, apalagi jaman sekarang semua pada memanfaatkan penjualan melalui online shop. Para mahasiswa seperti ini biasanya lebih mandiri karena bisa menghasilkan pemasukan sendiri.

Artikel Terkait

Tes Keperawanan di TNI
26 Ags 2015 10:44:11 WIB