Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

5 Fakta Asian Games 2018, No 3 Cuma Main Game?

  01 Ags 2018 10:33:02 WIB

Kamu pasti tahu dong kalau Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia? Asian Games 2018 akan diadakan mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018. Yup, sembari menunggu, mari kita bedah terlebih dulu fakta-fakta Asian Games 2018.

1.  DIADAKAN DI DUA KOTA (pertama kalinya)

Asian Games 2018 akan diadakan di Jakarta dan Palembang, Tahukah kamu? Ini merupakan pertama kalinya event Asian Games diadakan di dua kota berbeda, Jakarta dan Palembang. Kota yang identik dengan Tugu Monas tersebut pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962, sementara ini merupakan pertama kalinya Palembang mendapat kesempatan terhormat ini.

2.  Maskot lucu

Seperti halnya pesta olahraga lainnya, Indonesia tidak mau ketinggalan untuk menggunakan mascot khas. Tidak tanggung-tanggung, 3 maskot lucu diperkenalkan sekaligus. Mereka adalah Bhin Bhin, Kaka dan Atung. Tentu saja tiap mascot ini punya sejarah unik masing-masing. Misalnya saja Bhin Bhin, ia adalah seekor Burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda). Bhin Bhin mengenakan pakaian khas Papua dengan motif Asmat, dan ia merepresentasikan strategi. Sementara Kaka adalah Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) yang mengenakan pakaian tradisional bemotif bunga khas Palembang, sesuai dengan perawakannya, ia merepresentasikan kekuatan. Nah,yang terakhir adalah Atung, ia merupakan Rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan, dan mengenakan sarung motif tumpal dari Jakarta.

3. Awal Kebangkitan eSports

Asian Games 2018 akan melombakan 40 cabang olahraga, dan 10 diantaranya adalah cabang olahraga yang akan tampil perdana di Asian Games, yakni  Rollersport (Rollerskate dan Skateboarding), Bridge, 3 on 3 Basketball, Jet Ski, Sport Climbing, Paragliding, Pencak Silat, Jiu Jitsu, Sambo, dan Kurash. Yang menarik, akan terdapat 2 cabang eksibisi yang berarti medali yang diperoleh tidak termasuk dalam perhitungan medali total. Kedua cabang tersebut adalah Kano Polo dan eSports. Yup eSports, olahraga digital yang mulai mendapat momentumnya. Cocok banget nih buat kamu kawula muda khususnya gamer yang kerap memainkan game di PC, konsol maupun smartphone. Terdapat 6 game popular yang dipertandingkan yakni Arena of Valor, League of Legends, Pro Evolution Soccer, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft 2.

4.  Kirab Obor

Api obor didatangkan langsung dari India, lho kenapa? Pasalnya India merupakan tuan rumah pertama Asian Games pada tahun 1951. Hal ini juga sebagai lambang semangat yang terus menyala untuk berprestasi dan semangat untuk menjaga persahabatan dan kebersamaan. Api abadi tersebut dibawa ke Indonesia dan disatukan oleh api abadi yang diambli dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Penyatuan api tersebut digelar di Candi Prambanan. Kemudian api tersebut dibawa ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan cara berlari dan pada akhirnya akan mengelilingi 54 kota dan kabupaten di Indonesia.

5.  Asian Games ke-18

Asian Games tahun ini merupakan yang ke-18 kalinya sejak pertama kali diselenggarakan di India pada tahun 1951. Sepanjang sejarah, hanya terdapat 7 negara yang tak pernah absen di Asian Games yakni Indonesia, India, Jepang, Sri Lanka, Filipina, Singapura dan Thailand. Gelar Most Valuable Player alias MVP mulai diberlakukan pada penyelenggaraan ke-13 (1998) di Bangkok, Thailand. Israel pernah berpartisipasi di ajang prestisius ini, namun berhenti di tahun 1974.

Artikel Terkait

Bangga Menjadi Alumni UP45
21 Des 2016 15:43:42 WIB